04 November 2020

SOSIALISASI PEMBANGUNAN EMBUNG DESA RINGINAGUNG

Sosialisai pembangunan embung Desa Ringinagung diadakan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kabupaten Magetan, bertempat di Balai Desa Ringinagung Kecamatan Magetan, Rabu (4/11/20200). Hadir dalam acara tersebut Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Yuli K. Iswahyudi, ST, Kepala desa Ringinagung Yully Bagus Trisnawan S.Sy, BPD, serta tokoh masyarakat.

Kepala Dinas PUPR Magetan, melalui Kepala Bidang (Kabid) Sumber Daya Air (SDA) Dinas PUPR Kabupaten Magetan, Yuli K. Iswahyudi, ST, mengatakan “Tujuan utama pembangunan embung ini adalah sebagai pengendalian banjir dan sumber pengairan lahan pertanian, sedangkan jika ada pemanfaatan ke dalam bidang lain misal untuk pariwisata, perikanan, dll adalah multiple efek, ibaratnya sebagai bonus saja. Secara teknis embung ini akan bisa mengairi sawah seluas 37 hektar di desa Ringinagung dan 9 hektar di desa Sumberdukun”, paparnya.

Dalam kesempatan yang sama, Ahmad Ulinnuha S.T Kasi penyediaan dan pengelolaan air baku menjelaskan, “Embung Ringinagung ini dalam tahap awal pembangunannya akan mendapatkan dana dari APBD sebesar 200 juta, karena ke depan lahan yang akan dibuat embung seluas 2 hektar maka dalam tahap awal ini akan dilakukan pengerjaan pengerukan dan penataan lokasi embung”, paparnya.

Rencananya embung Desa Ringinagung ini berlokasi di tanah kas desa tepatnya di belakang pasar Tulung, Desa Ringinagung.

Embung atau cekungan penampung(retention basin) adalah cekungan yang digunakan untuk mengatur dan menampung suplai aliran air hujan serta untuk meningkatkan kualitas air di badan air yang terkait (sungai, danau).Embung digunakan untuk menjaga kualitas air tanah, mencegah banjir, estetika,hingga pengairan. Embung ini digunakan menampung air hujan di musim hujan dan bisa digunakan petani untuk mengairi lahan di musim kemarau.

Yully Bagus Trisnawan S.Sy Kepala desa Ringinagung kepada Harian lentera Indonesia mengatakan “Kami sebagai pemerintah desa mewakili warga desa Ringinagung mengucapkan banyak terima kasih kepada pemerintah kabupaten Magetan melalui dinas PUPR Kabupaten Magetan atas akan dibangunnya embung di tanah kas desa kami dengan harapan selain sebagai salah satu solusi penampung air agar tidak banjir ,juga akan berguna untuk mengairi sawah yang ada juga kedepan akan kami arahkan sebagai salah satu spot destinasi wisata di desa kami,selain itu tanah yang akan dibangun embung ini merupakan tanah yang kurang produktif “jelasnya

   

YULLY BAGUS TRISNAWAN S.SY. (KEPALA DESA)    GUSMINANDA OKTAVIA NARENDRI S.P. (SEKRETARIS DESA)    PUJI HASTUTI (KEPALA SEKSI PEMERINTAHAN)    SUGIANTO (KEPALA SEKSI PELAYANAN)    SUMARNI (KEPALA URUSAN TATA USAHA DAN UMUM)    WAHYU SETIAWAN (KEPALA URUSAN KEUANGAN)    SUWASIS (KAMITUWO 2)    PURGIONO (KAMITUWO 3)    SUGITO (KASI KESEJAHTERAAN)    SLAMET (KAUR PERENCANAAN)    WORO RUMANTI (KAMITUWO 1)